Jumat, 23 Oktober 2015

Perawatan Alat Vital Wanita

Vagina adalah alat vital bagi wanita untuk melakukan aktivitas seksual. Oleh karena itu, perawatan alat vital wanita perlu dilakukan. Karena fungsinya, seorang wanita harus selalu berupaya mencegah vagina dari kekeringan, keputihan, sariawan serviks, serta menjaga kesegaran (keindahannya). Agar dapat melakukan perawatan vagina dengan baik, perhatikan 3 tips dibawah ini :

1. Tips Menjaga Vagina Kering

Kekeringan vagina akibat kelenjar bartholins yang tidak menghasilkan kelembaban tambahan tersebut akan menjadi persoalan serius saat anda melakukan hubungan seksual dengan pasangan. Bila hubungan seksual itu dipaksakan, maka liang vagina anda akan terasa sakit. Adapun tips mencegah vagina dari kekeringan adalah sebagai berikut:

Hindari bahan kimia dari vagina

Hindari penggunaan sabun atau bahan pembersih kimia yang dapat mengganggu kondisi alami vagina. Pastikan bahwa semua sabun dan produk higienis feminin pemilik pH seimbang dan tidak mengandung wewangian.

Makanan tinggi asam lemak

Mengkonsumsi makanan tinggi asam lemak, misalnya, biji wijen, biji bunga matahari, ikan (salmon, mackerel, dan tuna), vitamin A, B, E dan betakaroten.

Isoflavon

Mengkonsumsi makanan yang mengandung isoflavon, seperti biji rami, kedelai, ceri, kacang-kacangan, apel dan seledri.

Minum air

Minumlah banyak air, dan hindari minuman beralkohol dan kafein.

2. Tips Mencegah Keputihan

Bersihkan organ intim dengan pembersih yang tidak mengganggu kestabilan pH di sekitar vagina. Salah satunya adalah pembersih yang terbuat dari bahan dasar susu.

Hindari pemakaian bedak pada organ kewanitaan dengan tujuan agar vagina harum dan kering sepanjang hari.

Selalu keringkan bagian dalam miss V sebelum berpakaian.

Gunakan celana dalam yang kering.

Gunakan celana dalam yang bahannya menyerap keringat, seperti katun.

Pakaian luar juga perlu diperhatikan.

Ketika haid, sering-seringlah berganti pembalut.

Gunakan panty liner saat perlu saja. Jangan terlalu lama.

3. Tips Hindari Sariawan Serviks

Rasa perih dan panas pada organ intim anda yang disertai dengan cairan pekat dan tidak wajar, bisa merupakan tanda sariawan pada vagina. Sariawan ini disebabkan oleh HPV yang ditularkan melalui hubungan seksual. Untuk dapat terhindar dari sariawan serviks, praktekkan tips berikut ini :

Tidak berganti-ganti pasangan di dalam melakukan hubungan seksual.

Berhenti merokok!

Hindari pemakaian pantyliner agar vagina tidak lembab.

Mengkonsumsi vitamin C.

Lakukan pemeriksaan teratur misal : tes pap smear dalam setahun sekali dan segera temui dokter bila mengalami keluhan pada serviks.

Hindari penggunaan cairan pencuci vagina karena dapat menyamarkan keluhan yang dialami akibat sensasi rasa dingin yang menutupi rasa gatal.

Perawatan alat vital wanita yang khusus perlu diterapkan. Karena hal ini akan menunjang kebersihan luar dari penampilan juga secara tidak langsung. Lebih merasa percaya diri dan tidak risih.

Sumber : http://caramembersihkanvagina.com/perawatan-alat-vital-wanita/

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar