Jumat, 23 Oktober 2015

Penyebab Keputihan

Keputihan sungguh sangatlah meresahkan membuat segala bentuk aktivitas menjadi terganggu, karena keputihan yang disertai rasa gatal dan panas sering kali hinggap pada diri wanita, masalah keputihan tidak hanya dikeluhkan oleh wanita saja, namun pria pun juga merasa tidak nyaman apabila pasangannya mengalami keputihan yang tidak normal. Banyak hal yang menjadi penyebab keputihan pada wanita.

Berikut adalah penyebab keputihan itu terjadi, adalah :

1. Jamur Candidas atau Monilia

Jamur candidas ini merupakan jamur yang sering menyerang wanita apabila sedang memasuki masa menstruasi dan pasca menstruasi, karena beberapa wanita yang mengalami keputihan hebat sebelum dan sesudah menstruasi. Warna cairan keputihan yang disebabkan jamur candidas seperti warna putih susu, kental, berbau agak keras, rasa gatal tepat pada organ kewanitaanya. Akibat yang ditimbulkan adalah mulut vagina menjadi kemerahan dan meradang. Selain itu di dukung oleh faktor adanya penyakit diabetes mellitus, pemakaian atau penggunaan alat kontrasepsi.

2. Parasit Trichomonas Vaginalis

Parasit atau jamur jahat dari Trichomonas Vaginalis ini banyak ditularkan lewat hubungan seksual, penggunaan sabun mandi yang dijadikan satu dengan sabun pembersih vagina, hubungan seksual yang dilakukan lebih dari 1 orang. Dalam hal ini parasit trichomonas vaginalis dapat berjangkit menjadi penyakit kelamin. Ciri – ciri dari keputihan yang disebabkan oleh parasit trichomonas vaginalis ini adalah caiaran keputihan bertekstur kental dan berbusa, berwarna kuning sampai kehijauan, berbau tak sedap atau amis. Akan tetapi keputihan karena parasit tidak menyebabkan gatal, namun bila vagina ditekan agar terasa nyeri.

3. Bakteri Gardnella

Bakteri Gardnella dapat menyebabkan infeksi dengan rasa gatal dan sangat mengganggu. Ciri dari keputihan yang disebabkan oleh bakteri gardnella adalah cairan berwarna keabuan, berair, berbusa dan berbau tak sedap ( anyir ). Bakteri Gardnella juga dapat memicu munculnya penyakit kelamin yang disebabkan dari sifilis dan gonorrhoea.

4. Virus

Keputihan akibat terjangkit virus yang cukup berbahaya dengan resiko munculnya penyakit kelamin seperti condyloma, herpes, HIV/AIDS. Condyloma ditandai dengan timbulnya kutil-kutil yang sangat banyak disertai cairan berbau, condyloma juga dapat diidap oleh wanita hamil. Sedang virus herpes ditularkan lewat hubungan badan. Bentuknya seperti luka melepuh, terdapat di sekeliling liang vagina, mengeluarkan cairan gatal, dan terasa panas. Gejala keputihan akibat virus juga bisa menjadi faktor pemicu kanker rahim. HIV / AIDS merupakan salah satu virus mematikan di dunia yang ditularkan lewat hubungan badan lebih dari 1 pasangan, pemakaian jarum suntik narkoba. Virus HIV / AIDS yang menyebabkan keputihan seorang wanita bertambah besar merupakan salah satu penyebab utama virus yang banyak membunuh wanita di dunia.

Selain dari faktor penyebab diatas, adapula faktor penyebab umum keputihan mudah terjadi, diantaranya adalah :

1. Mungkin hanya sebagian kecil saja seorang wanita tekadang menggunakan tissu untuk membersihkan organ kewanitaannya ketika selesai buang air, daripada menggunakan air bersih.

2. Memakai pakaian dalam yang ketat dari bahan sintetis

3. Sering menggunakan WC Umum yg kotor

4. Tidak mengganti panty liner

5. Membilas vagina dari arah yang salah, yakni dari anus ke depan ( vagina ), yang benar adalah dari arah depan ( vagina ) ke arah belakang ( anus )

6. Suka bertukar celana dalam atau handuk dengan orang lain.

7. Kepedulian dan perhatian yang kurang terhadap kesehatan dan kebersihan vagina

8. Kelelahan fisik

9. Perubahan perasaan atau mood, seperti rasa stress

10. Ketika menstruasi jarang mengganti pembalut

11. Memakai sembarang sabun ketika hendak membilas vagina

12. Tidak menerapkan pola hidup yang sehat dan seimbang, seperti jarang berolahraga, makan berlebihan atau tidak teratur, kurang tidur.

13. Tinggal di daerah tropis dengan suhu yang cukup lembab

14. Lingkungan yang tidak bersih dan kotor, misalnya saluran sanitasi yang kotor

15. Sering mandi atau berendam dengan air hangat dan panas. Keputihan yang disebabkan oleh jamur setika suhu vagina dalam keadaan hangat atau panas, memiliki kemungkinan tumbuhnya jamur.

16. Melakukan hubungan seksual lebih dari 1 pasangan

17. Tekanan gula darah yang cukup tinggi

18. Ketidakseimbangan hormon

19. Ketika vagina terasa gatal, tanpa disadari mungkin Anda pernah menggaruknya sehingga timbul rasa perih di sekitar vagina.

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar