Jumat, 16 Oktober 2015

Penemu DNA - James Watson

Penemu DNA - James Watson 
James Watson si Penemu Struktur DNA. Tau struktur DNA? Jika tidak, kamu bisa menonton film Spider Man yang seri ke satu. Ada scene dimana Peter Parker sang tokoh utama terkena serangan gigitan laba-laba langka bukan? Esoknya setelah di gigit oleh laba-laba tersebut, sang Peter Parker si tokoh utama merasa pusing, dan akhirnya scene dimana di tampilkan struktur DNA pun ditampilkan. Struktur DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) terlihat seperti tali yang bentuknya spiral. Lalu siapa sih penemu "tali spiral" alias struktur DNA ini? Dia adalah James Watson, atau yang nama lengkapnya adalah James Dewey Watson. James Dewey Watson lahir pada tanggal 6 April 1928, dia adalah seorang putra tunggal dari James D. Watson, dia seorang pengusana, dan Jean Metchell.

Leluhur dari ayah James Dewey Watson itu merupakan keturunan Inggris dan juga pernah tinggal di midwest selama beberapa generasi. Ayah dari Ibu James Dewey Watson merupakan orang yang lahir di Skotlandia, dia menikah dengan seorang putri imigran Irlandia yang datang di AS atau Amerika Serikat pada sekitar tahun 1940.

Masa kanak-kanak James Dewey Watson di habiskan di Chicago dimana dia sendiri selama 8 (Delapan) tahun sekolah di Horace Mann Grammar dan juga selama 2 (dua) tahun di South Shore High School. Kemudian James Dewey Watson menerima beasiswa kuliah di Universitas Chicago, dan juga di musim panas sekitar tahun 1943 melakukan eksperimen selama 4 (Empat) tahun kuliah.

Singkat cerita, James Dewey Watson akhirnya bertemu dengan Crick (yang juga penemu Struktur DNA, jadi penemu struktur DNA ada 2 orang), James Dewey Watson dan Crick menemukan persamaan keinginan mereka dimana mereka ingin memcahkan struktur DNA. Mereka serius untuk melakukannya, di akhir musim gugur pada tahun 1951, namun sayangnya hasilnya tidak memuaskan.

Selanjutnya upaya kedua dilakukan mereka pada awal Maret 1953, mereka lebih didasarkan pada bukti eksperimental dan apresiasi yang lebih baik dari literatur asam nukleat, dan juga di tulis dalam proposal tentang kongfigurasi komplemen double-heliks.



Hingga kini dunia mengenal james watson dikenal sebagai penemu dari DNA. Dalam tubuh, DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) mempunyai peranan yang sangat kompleks yaitu sebagai pembawa materi genetik mahluk hidup, di DNA pula informasi genetik tentang mahluk hidup itu tersimpan, selain itu DNA juga berfungsi membawa materi genetik dari generasi satu ke generasi selanjutnya untuk itulah mengapa DNA memiliki peranan yang sangat besar bagi kehidupan manusia dan juga bagi ilmu pengetahuan sendiri khususnya ilmu biologi.

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar